BIDIKMISI 2014

Petunjuk dan Formulir Isian Bidikmisi 2014 dapat di unduh DI SINI atau www.bidikmisi.dikti.go.id)

Jadwal:

  1. Pengisian data oleh Sekolah/Siswa  28 April – 30 Mei 2014
  2. Penyerahan Berkas         : 28 April – 30 Mei 2014
  3. Visitasi : 02 – 13 Juni 2014
  4. Tes tertulis & wawancara   : 16 – 17 Juni 2014
  5. Pengumuman Hasil : 20 Juni 2014
  6. Registrasi bagi yg Lulus  : 23 – 27 Juni 2014

Syarat Pendaftaran:

  1. Siswa SMA/SMK atau sederajat yang akan lulus tahun 2014
  2. Untuk lulusan 2013 dilengkapi surat keterangan lulus, fotokopi (nilai UAN, Ijazah dan rapor smt 1 s.d 6) yang dilegalisir.
  3. Usia paling tinggi saat mendaftar 21 tahun
  4. Kurang mampu secara ekonomi sbb
    • Pendapatan kotor gabungan orang tua/walisebesar-besarnya Rp 3.000.000,00/bulan
    • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp 600.000,00/bulan
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 atau Diploma 4
  6. Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan kepala sekolah, yaitu masuk peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah/jurusan dengan rincian Akreditasi sebagai berikut:
    A : 50% terbaik konsisten smt 3, 4 dan 5
    B : 30% terbaik konsisten smt 3, 4 dan 5
    C : 15% terbaik konsisten smt 3, 4 dan 5
  7. Memiliki prestasi ko-kurikuler maupun ekstra yang dinyatakan dengan rekomendasi dari kepala sekolah; atau kepala dinas kabupaten/kota untuk tingkat kabupaten/kota.
  8. Pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar pada 1 program studi dari 3 program studi yang terbuka bagi penerima bidikmisi di UAJM
  9. Memiliki kesehatan yang memadai dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

Tahapan Pendaftaran:

 

  • Calon mengisi formulir (formulir dapat diunduh di www.bidikmisi.dikti.go.id),
    Selanjutnya formulir rekomendasi sekolah dan formulir pendaftaran beserta berkas persyaratan lainnya diserahkan ke UAJM. (Berkas yang diserahkan ke UAJM dalam keadaan tidak lengkap  tidak dapat diproses pada tahap selanjutnya).

Berkas yang harus diserahkan:

  • Formulir rekomendasi sekolah
  • Formulir pendaftaran yang telah diisi
  • Pasfoto berwarna ukuran 4×6 (2 lembar)
  • Fotokopi kartu tanda siswa (KTS)
  • Fotokopi rapor semester 3, 4 dan 5 yang dilegalisir

· Surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah

· Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat

  • Fotokopi daftar gaji yang dilegalisir pimpinan bagi orang tua/wali yang bekerja sebagai PNS, TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD dan Pegawai Swasta
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir dan bukti pembayaran PBB
  • Sketsa lokasi rumah calon
  • Foto Tampak Depan dan Samping Rumah calon

Tahap Seleksi:

Tahap I : Seleksi Administrasi
Berkas yang tidak lengkap tidak lulus seleksi administrasi

Tahap II : Seleksi Penilaian Berkas
Berkas yang lengkap akan dinilai berdasarkan kemampuan ekonomi keluarga, kemampuan akademik calon serta prestasi yang dimiliki

Tahap III : Seleksi Visitasi
Kunjungan ke rumah calon dilakukan untuk melihat langsung kondisi sosial ekonomi  keluarga calon

Tahap IV : Seleksi Tertulis dan Wawancara
Calon akan dinilai berdasarkan kemampuan dan motivasi studi.